RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KIMIA
Komponen dan Cara Kerja Larutan  Penyangga
    Satuan Pendidikan           SMA/MA  Negeri Bengkulu
    Mata Pelajaran                :  Kimia
    Kelas/Semester                 :  Kelas XI/ Semester II
    Materi Pembelajaran       :  Komponen dan Cara Kerja Larutan   
                                               Penyangga
        Alokasi Waktu                :  20 menit  

A. STANDAR KOMPETENSI
1. Memahami  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya.

B. KOMPETENSI DASAR
1. Mendeskripsikan sifat larutan penyangga dan peranan larutan penyangga 
   dalam makhluk hidup

C. INDIKATOR
1. Kognitif
a. Produk
1. Menjelaskan komponen larutan penyangga
2. Menuliskan larutan penyangga asam dan basa
3. Menjelaskan cara kerja larutan penyangga
4. Menentukan larutan penyangga asam dan basa
b. Proses
1. Menjelaskan pengertian komponen larutan penyangga
           2. Berlatih menentukan pasangan larutan asam dan basa

2. Psikomotor
1.    Keaktifan siswa dalam  menerima pelajaran dari guru

3. Afektif
1. Karakter
     a. jujur,
b. tanggung jawab,
c. hati-hati,
 d. teliti.
2. Keterampilan sosial:
a. bertanya,
b. menyumbang ide atau berpendapat,
c. menjadi pendengar yang baik,
d. berkomunikasi.

D. TUJUAN PEMBELAJARAN  
1. Kognitif
a. produk :
1.    Secara mandiri siswa dapat menjelaskan pengertian komponen 
     larutan penyangga
2.    Dengan berdiskusi siswa dapat menuliskan larutan penyangga 
     asam dan basa
3.    Secara mandiri siswa dapat menentukan cara kerja larutan 
     penyangga
4.    Secara mandiri siswa dapat menentukan larutan penyangga 
     asam dan basa

b. proses
1.    Guru menyiapkan materi bahan ajar dan menyiapkan 
     media pembelajaran
2.    Guru memberikan penjelasan tentang pengertian komponen 
     larutan penyangga
3.    Siswa menyiapkan diri serta alat belajar untuk menerima pelajaran 
     dari guru
4.    Guru memberikan latihan latihan soal tentang larutan penyangga 
     asam dan basa untuk di kerjakan bersama-sama
5.    Guru memberikan game berupa papan panel kepada siswa 
     untuk memahami materi komponen larutan penyangga
6.    Siswa memasang kartu pada papan panel  untuk menentukan 
     komponen larutan penyangga

2. Psikomotorik
1. Kesiapan dan penguasaan materi dari siswa tentang komponen 
    larutan penyangga
2. Penyampaian materi yang akurat dan menyeluruh oleh guru
3. Keaktifan siswa dalam game berupa papan panel yang diberikan 
    oleh guru
4. Cara siswa menjawab pertanyaan dari guru
5. Keaktifan siswa dalam memberikan pertanyaan terhadap penjelasan 
    guru tentang  komponen dan cara kerja larutan penyangga

3. Afektif
1. Karakter: Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, 
    paling tidak siswa dinilai Membuat kemajuan  dalam menunjukkan 
    karakter kejujuran, tanggung jawab, hati-hati, dan teliti.
2. Keterampilan sosial : Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat 
    pada siswa, paling tidak siswa dinilai Membuat kemajuan  dalam 
    menunjukkan perlaku keterampilan sosial bertanya, menyumbang 
    ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, dan berkomunikasi.

E. MATERI PEMBELAJARAN

Peta konsep


F. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model pembelajaran    : Model Pembelajaran Kooperatif (SCL)
Metode                       : Praktikum, Presentasi, Diskusi Informasi dan 
                                    pemberian tugas

G. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
    a. Sumber belajar
·         Buku siswa
·         Chart Peta Konsep
·         Buku kimia untuk, SMA kelas XI
·         Internet

b. Media
·         LKS,
·         Bahan Presentasi,
·         Bahan Praktikum penentuan sifat larutan,
·         LCD,
·         Komputer

H. PROSES BELAJAR MENGAJAR
No
Aktivitas Pembelajaran
Metode
Alokasi waktu
A
Pendahuluan
1.
Menyampaikan indikator dan mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari minggu lalu
Ceramah
1 menit
2.
Memotivasi siswa dengan
pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan topik yang dipelajari.
Ceramah
1 menit
B
Kegiatan Inti
1.
Memberi informasi tentang  Komponen dan Cara Kerja Larutan  Penyangga
Ceramah
6 menit
2.
Mengorganisasikan siswa untuk membahas latihan soal  tentang Komponen dan Cara Kerja Larutan  Penyangga
Diskusi
2 menit
3.
Mengorganisasikan siswa untuk memasangkan kartu pada papan panel untuk menentukan komponen larutan penyangga
Diskusi
2 menit
4.
Guru sebagai mediator bagi siswa saat siswa mengerjakan game dari guru


5.
Satu persatu siswa maju kedepan untuk memasangkan kartu pada  papan panel

2 menit
6
Membahas pekerjaan siswa secara bersama-sama

1 menit
C
Penutup
1.
Memberikan penekanan materi agar tidak terjadi miss konsepsi
Ceramah
2 menit
2.
Menutup pelajaran dengan membimbing siswa menyimpulkan pelajaran tentang Komponen dan Cara Kerja Larutan  Penyangga
 dan memberi PR LKS SMA

2 menit
3
Guru Mengingatkan siswa untuk mempelajari materi selanjutnya

1 menit



20 menit

I.     Life Skill
Aspek
Kegiatan Pembelajaran
Kognitif
Mengetahui dan mampu menjelaskan Komponen dan Cara Kerja Larutan  Penyangga
Psikomotor
Memasangkan kartu pada papan panel tentang Komponen Larutan  Penyangga Mengolah informasi dan mempresentasikannya, serta menjelaskan Komponen dan Cara Kerja Larutan  Penyangga
Afektif
Berpartisipasi aktif dalam diskusi, berpartisipasi aktif dalam  belajar, ikut serta dalam menyimpulkan, tekun, kerja keras, serta jujur dan terbuka.

J.    Penilaian
1.      Penilaian produk (LP-01)
2.      Penilaian Kinerja(LP-02 A dan LP-02B
3.      Penilaian Afektif (LP-03)

K. Diskusi
1.      Dinilai sesuai dengan keaktifan siswa dalam melakukan diskusi
2.      Sikap

No.
Pernyataan
Skala
Sl
Sr
Jr
Tp
1.
Siswa memperhatikan dengan serius




2.
Siswa  menanggapi permasalahan




3.
Siswa  mengerjakan tugas




4.
Siswa  melakukan diskusi sesuai materi yang dpelajari





Jumlah skor





Keterangan skor:
No
Aspek yang dinilai
Skor pernyataan positif
Skor pernyataan negatif
1.
Sl   = selalu
20
5
2.
Sr   = sering
15
10
3.
Jr   = jarang
10
15
4.
Tp = tidak pernah
5
20

Jumlah skor:
0 – 60                       (rendah)
61 – 80                     (sedang)
81 – 100                   (tinggi)

L.  Pengayaan
1.      Analisis Hasil Belajar dan Program Tindak Lanjut
Siswa yang sudah tuntas atau sudah mencapai kompetensi yang
telah ditentukan diberikan pengayaan atau tindak lanjut. 
Misalnya, siswa diberikan tugas mengerjakan soal-soal dengan 
tingkat kesulitan lebih tinggi.

2.  Remedial
Siswa yang belum tuntas atau belum mencapai kompetensi 
yang telah ditentukan harus diberikan remedial berupa tes atau 
tugas. Misalnya, siswa  disuruh mengerjakan kembali soal yang 
sudah diberikan.

LP-02A
Format Penilaian Kinerja
Rubrik  : Rubrik ini digunakan sebagai acuan untuk menilai kinerja 
               siswa pada waktu mengerjakan tugas-tugas dan kerja ilmiah

Skor
Kemampuan/keterampilan yang dinilai Skor
Kemampuan mengorganisasikan tugas, kerja, atau kegiatan
Ketepatan melaksanakan tugas

1
Siswa mempunyai pemahaman yang jelas tentang maksud tugas yang diberikan.
Ia mengorganisasi tugas dengan cara yang logis sesuai dengan suruhan yang diberikan.
Siswa mengamati, mengukur, mencatat, dan melakukan kegiatan-kegiatan lainnya dengan benar dan aman.


2
Siswa membutuhkan sedikit bantuan untuk memahami tujuan kegiatan, tugas atau percobaan.
Ia mampu mengikuti instruksi, tapi membutuhkan beberapa bantuan dalam mengembangkan prosedur kerja/kegiatan yang logis.
Pengamatan, pengukuran, dan hasil kegiatan lainnya pada umumnya memuaskan, tapi masih ada kesalahan dalam ketepatan mencatat atau membahas.


3
Siswa membutuhkan bantuan secukupnya untuk memahami tujuan kegiatan, tugas atau percobaan, serta dalam mengorganisasikan kerjanya.
Ia mampu mengikuti tugas/instruksi jika diberikan sejumlah bantuan yang berarti.
Siswa banyak melakukan kesalahan, baik pencatatan,dan ketepatan dalam pencatatan ataupun hasil kerja lainnya.


4
Siwa banyak tergantung pada bantuan dan dukungan agar mampu memehami tujuan tugas/kegiatan yang diberikan dan melakukannya.
Bantuan tetap diberikan walaupun dalam instruksi yang sederhana. Ketidaktepatan dalam pengamatan, pengukuran atau unsur-unsuir hasil kerja lainnya.
Banyak pengamatan/unsur-unsur bahasan luput diamati atau tidak dicatat/dibahas/dikerjakan


5
Tidak memahami tujuan kegiatan, tugas atau percobaan yang diberikan serta tidak mampu melaksanakan walaupun tanpa bantuan.
Siswa tidak mampu mengikuti suruhan/instruksi dari tugas yang diberikan.
Pengamatan, pengukuran atau unsur-unsur hasil kerja lainnya tidak benar atau tidak relevan dengan tugasnya.

Lembar Penilaian Kinerja

LP-02B
LEMBAR PENILAIAN DISKUSI DAN PRESENTASI
Rubrik : Digunakan untuk menilai kegiatan diskusi
Nilai 5      :  Bila siswa berperan aktif dalam diskusi baik bertanya 
                   maupun menjawab, mampu  mengajukan pertanyaan tingkat 
                   tinggi dan ide-ide baru.
Nilai 4      :  Siswa aktif dalam diskusi baik bertanya maupun menjawab, 
                   mampu mengajukan pertanyaan tingkat tinggi tapi tidak ada ide baru.
Nilai 3      : Siswa aktif dalam diskusi baik bertanya maupun menjawab, 
                   mampu mengajukan  pertanyaan tingkat rendah.
Nilai 2      : Siswa kurang aktif dalam diskusi hanya sesekali bertanya.
Nilai 1      : Siswa pasif dan tidak mengajukan pertanyaan maupun memberikan
                  jawaban.
Lembar Penilaian Diskusi dan Presentasi

LP-03
PENILAIAN AFEKTIF
Lembar ini disusun untuk mengetahui sikap siswa selama mengikuti 
pembelajaran kimia.
Nama : .........................
No
Aspek Sikap
Skala sikap


1
2
3
4
5
Karakter





1
Logis





2
Berfikir kreatif





3
Jujur





4
Bekerja teliti





5
Bertanggung jawab





6
Peduli





7
Hati-hati





8
Berperilaku santun





Keterampilan sosial





1
Berkerjasama





2
Menyampaikan pendapat





3
Menjadi pendengar yang baik





4
Menanggapi pendapat orang lain





5
Bertanya







Mengetahui                                                Bengkulu, 7 Juni 2011
Dosen Pengampuh                                      Guru Mata Pelajaran

Dr. Kancono                                               Marisda Satul Aini
NIP.195804011984031010                          A1F008041

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates