RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KIMIA
Komponen dan Cara Kerja Larutan Penyangga
Satuan Pendidikan : SMA/MA Negeri Bengkulu
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : Kelas XI/ Semester II
Materi Pembelajaran : Komponen dan Cara Kerja Larutan
Penyangga
Alokasi Waktu : 20 menit
A. STANDAR KOMPETENSI
1. Memahami sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya.
B. KOMPETENSI DASAR
1. Mendeskripsikan sifat larutan penyangga dan peranan larutan penyangga
dalam makhluk hidup
C. INDIKATOR
1. Kognitif
a. Produk
1. Menjelaskan komponen larutan penyangga
2. Menuliskan larutan penyangga asam dan basa
3. Menjelaskan cara kerja larutan penyangga
4. Menentukan larutan penyangga asam dan basa
b. Proses
1. Menjelaskan pengertian komponen larutan penyangga
2. Berlatih menentukan pasangan larutan asam dan basa
2. Psikomotor
1. Keaktifan siswa dalam menerima pelajaran dari guru
3. Afektif
1. Karakter
a. jujur,
b. tanggung jawab,
c. hati-hati,
d. teliti.
2. Keterampilan sosial:
a. bertanya,
b. menyumbang ide atau berpendapat,
c. menjadi pendengar yang baik,
d. berkomunikasi.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Kognitif
a. produk :
1. Secara mandiri siswa dapat menjelaskan pengertian komponen
larutan penyangga
2. Dengan berdiskusi siswa dapat menuliskan larutan penyangga
asam dan basa
3. Secara mandiri siswa dapat menentukan cara kerja larutan
penyangga
4. Secara mandiri siswa dapat menentukan larutan penyangga
asam dan basa
b. proses
1. Guru menyiapkan materi bahan ajar dan menyiapkan
media pembelajaran
2. Guru memberikan penjelasan tentang pengertian komponen
larutan penyangga
3. Siswa menyiapkan diri serta alat belajar untuk menerima pelajaran
dari guru
4. Guru memberikan latihan latihan soal tentang larutan penyangga
asam dan basa untuk di kerjakan bersama-sama
5. Guru memberikan game berupa papan panel kepada siswa
untuk memahami materi komponen larutan penyangga
6. Siswa memasang kartu pada papan panel untuk menentukan
komponen larutan penyangga
2. Psikomotorik
1. Kesiapan dan penguasaan materi dari siswa tentang komponen
larutan penyangga
2. Penyampaian materi yang akurat dan menyeluruh oleh guru
3. Keaktifan siswa dalam game berupa papan panel yang diberikan
oleh guru
4. Cara siswa menjawab pertanyaan dari guru
5. Keaktifan siswa dalam memberikan pertanyaan terhadap penjelasan
guru tentang komponen dan cara kerja larutan penyangga
3. Afektif
1. Karakter: Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa,
paling tidak siswa dinilai Membuat kemajuan dalam menunjukkan
karakter kejujuran, tanggung jawab, hati-hati, dan teliti.
2. Keterampilan sosial : Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat
pada siswa, paling tidak siswa dinilai Membuat kemajuan dalam
menunjukkan perlaku keterampilan sosial bertanya, menyumbang
ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, dan berkomunikasi.
E. MATERI PEMBELAJARAN
Peta konsep
F. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model pembelajaran : Model Pembelajaran Kooperatif (SCL)
Metode : Praktikum, Presentasi, Diskusi Informasi dan
pemberian tugas
G. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
a. Sumber belajar
· Buku siswa
· Chart Peta Konsep
· Buku kimia untuk, SMA kelas XI
· Internet
b. Media
· LKS,
· Bahan Presentasi,
· Bahan Praktikum penentuan sifat larutan,
· LCD,
· Komputer
H. PROSES BELAJAR MENGAJAR
No
|
Aktivitas Pembelajaran
|
Metode
|
Alokasi waktu
|
A
|
Pendahuluan
| ||
1.
|
Menyampaikan indikator dan mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari minggu lalu
|
Ceramah
|
1 menit
|
2.
|
Memotivasi siswa dengan
pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan topik yang dipelajari.
|
Ceramah
|
1 menit
|
B
|
Kegiatan Inti
| ||
1.
|
Memberi informasi tentang Komponen dan Cara Kerja Larutan Penyangga
|
Ceramah
|
6 menit
|
2.
|
Mengorganisasikan siswa untuk membahas latihan soal tentang Komponen dan Cara Kerja Larutan Penyangga
|
Diskusi
|
2 menit
|
3.
|
Mengorganisasikan siswa untuk memasangkan kartu pada papan panel untuk menentukan komponen larutan penyangga
|
Diskusi
|
2 menit
|
4.
|
Guru sebagai mediator bagi siswa saat siswa mengerjakan game dari guru
| ||
5.
|
Satu persatu siswa maju kedepan untuk memasangkan kartu pada papan panel
|
2 menit
| |
6
|
Membahas pekerjaan siswa secara bersama-sama
|
1 menit
| |
C
|
Penutup
| ||
1.
|
Memberikan penekanan materi agar tidak terjadi miss konsepsi
|
Ceramah
|
2 menit
|
2.
|
Menutup pelajaran dengan membimbing siswa menyimpulkan pelajaran tentang Komponen dan Cara Kerja Larutan Penyangga
dan memberi PR LKS SMA
|
2 menit
| |
3
|
Guru Mengingatkan siswa untuk mempelajari materi selanjutnya
|
1 menit
| |
20 menit
|
I. Life Skill
Aspek
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Kognitif
|
Mengetahui dan mampu menjelaskan Komponen dan Cara Kerja Larutan Penyangga
|
Psikomotor
|
Memasangkan kartu pada papan panel tentang Komponen Larutan Penyangga Mengolah informasi dan mempresentasikannya, serta menjelaskan Komponen dan Cara Kerja Larutan Penyangga
|
Afektif
|
Berpartisipasi aktif dalam diskusi, berpartisipasi aktif dalam belajar, ikut serta dalam menyimpulkan, tekun, kerja keras, serta jujur dan terbuka.
|
J. Penilaian
1. Penilaian produk (LP-01)
2. Penilaian Kinerja(LP-02 A dan LP-02B
3. Penilaian Afektif (LP-03)
K. Diskusi
1. Dinilai sesuai dengan keaktifan siswa dalam melakukan diskusi
2. Sikap
No.
|
Pernyataan
|
Skala
| |||
Sl
|
Sr
|
Jr
|
Tp
| ||
1.
|
Siswa memperhatikan dengan serius
| ||||
2.
|
Siswa menanggapi permasalahan
| ||||
3.
|
Siswa mengerjakan tugas
| ||||
4.
|
Siswa melakukan diskusi sesuai materi yang dpelajari
| ||||
Jumlah skor
|
Keterangan skor:
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor pernyataan positif
|
Skor pernyataan negatif
|
1.
|
Sl = selalu
|
20
|
5
|
2.
|
Sr = sering
|
15
|
10
|
3.
|
Jr = jarang
|
10
|
15
|
4.
|
Tp = tidak pernah
|
5
|
20
|
Jumlah skor:
0 – 60 (rendah)
61 – 80 (sedang)
81 – 100 (tinggi)
L. Pengayaan
1. Analisis Hasil Belajar dan Program Tindak Lanjut
Siswa yang sudah tuntas atau sudah mencapai kompetensi yang
telah ditentukan diberikan pengayaan atau tindak lanjut.
Misalnya, siswa diberikan tugas mengerjakan soal-soal dengan
tingkat kesulitan lebih tinggi.
2. Remedial
Siswa yang belum tuntas atau belum mencapai kompetensi
yang telah ditentukan harus diberikan remedial berupa tes atau
tugas. Misalnya, siswa disuruh mengerjakan kembali soal yang
sudah diberikan.
LP-02A
Format Penilaian Kinerja
Rubrik : Rubrik ini digunakan sebagai acuan untuk menilai kinerja
siswa pada waktu mengerjakan tugas-tugas dan kerja ilmiah
Skor
|
Kemampuan/keterampilan yang dinilai Skor
|
Kemampuan mengorganisasikan tugas, kerja, atau kegiatan
|
Ketepatan melaksanakan tugas
|
1
|
Siswa mempunyai pemahaman yang jelas tentang maksud tugas yang diberikan.
|
Ia mengorganisasi tugas dengan cara yang logis sesuai dengan suruhan yang diberikan.
|
Siswa mengamati, mengukur, mencatat, dan melakukan kegiatan-kegiatan lainnya dengan benar dan aman.
|
2
|
Siswa membutuhkan sedikit bantuan untuk memahami tujuan kegiatan, tugas atau percobaan.
|
Ia mampu mengikuti instruksi, tapi membutuhkan beberapa bantuan dalam mengembangkan prosedur kerja/kegiatan yang logis.
|
Pengamatan, pengukuran, dan hasil kegiatan lainnya pada umumnya memuaskan, tapi masih ada kesalahan dalam ketepatan mencatat atau membahas.
|
3
|
Siswa membutuhkan bantuan secukupnya untuk memahami tujuan kegiatan, tugas atau percobaan, serta dalam mengorganisasikan kerjanya.
|
Ia mampu mengikuti tugas/instruksi jika diberikan sejumlah bantuan yang berarti.
|
Siswa banyak melakukan kesalahan, baik pencatatan,dan ketepatan dalam pencatatan ataupun hasil kerja lainnya.
|
4
|
Siwa banyak tergantung pada bantuan dan dukungan agar mampu memehami tujuan tugas/kegiatan yang diberikan dan melakukannya.
|
Bantuan tetap diberikan walaupun dalam instruksi yang sederhana. Ketidaktepatan dalam pengamatan, pengukuran atau unsur-unsuir hasil kerja lainnya.
|
Banyak pengamatan/unsur-unsur bahasan luput diamati atau tidak dicatat/dibahas/dikerjakan
|
5
|
Tidak memahami tujuan kegiatan, tugas atau percobaan yang diberikan serta tidak mampu melaksanakan walaupun tanpa bantuan.
|
Siswa tidak mampu mengikuti suruhan/instruksi dari tugas yang diberikan.
|
Pengamatan, pengukuran atau unsur-unsur hasil kerja lainnya tidak benar atau tidak relevan dengan tugasnya.
|
LP-02B
LEMBAR PENILAIAN DISKUSI DAN PRESENTASI
Rubrik : Digunakan untuk menilai kegiatan diskusi
Nilai 5 : Bila siswa berperan aktif dalam diskusi baik bertanya
maupun menjawab, mampu mengajukan pertanyaan tingkat
tinggi dan ide-ide baru.
Nilai 4 : Siswa aktif dalam diskusi baik bertanya maupun menjawab,
mampu mengajukan pertanyaan tingkat tinggi tapi tidak ada ide baru.
Nilai 3 : Siswa aktif dalam diskusi baik bertanya maupun menjawab,
mampu mengajukan pertanyaan tingkat rendah.
Nilai 2 : Siswa kurang aktif dalam diskusi hanya sesekali bertanya.
Nilai 1 : Siswa pasif dan tidak mengajukan pertanyaan maupun memberikan
jawaban.
Lembar Penilaian Diskusi dan Presentasi
Lembar Penilaian Diskusi dan Presentasi
LP-03
PENILAIAN AFEKTIF
Lembar ini disusun untuk mengetahui sikap siswa selama mengikuti
pembelajaran kimia.
Nama : .........................
No
|
Aspek Sikap
|
Skala sikap
| ||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| ||
Karakter
| ||||||
1
|
Logis
| |||||
2
|
Berfikir kreatif
| |||||
3
|
Jujur
| |||||
4
|
Bekerja teliti
| |||||
5
|
Bertanggung jawab
| |||||
6
|
Peduli
| |||||
7
|
Hati-hati
| |||||
8
|
Berperilaku santun
| |||||
Keterampilan sosial
| ||||||
1
|
Berkerjasama
| |||||
2
|
Menyampaikan pendapat
| |||||
3
|
Menjadi pendengar yang baik
| |||||
4
|
Menanggapi pendapat orang lain
| |||||
5
|
Bertanya
|
Mengetahui Bengkulu, 7 Juni 2011
Dosen Pengampuh Guru Mata Pelajaran
Dr. Kancono Marisda Satul Aini
NIP.195804011984031010 A1F008041
0 komentar:
Posting Komentar